Perbedaan Angklung 2 Tabung dan 3 Tabung; Lebih Bagus yang Mana?

Angklung yang begitu sangat banyak di gandrungi anak muda pada saat sekarang ini merupakan alat musik yang begitu sangat unik dan juga begitu sangat menarik. Varian modifikasi alat musik angklung ini sudah mulai banyak diciptakan oleh para pembuata angklung (Angklung Maker). So.. What is Angklung Makers? Bisa kita katakan para pengerajin pembuat alat musik angklung.

Tidak kalah menariknya alat musik bambu ini dengan alat musik yang lain. Angklung sudah banyak dimodifikasi untuk memudahkan memainkannya. Kemudahan untuk memainkan alat musik angklung ini mengudang banyak kalangan untuk mencoba belajar bermain angklung. 

Kenapa untuk bermain angklung harus belajar?

Bagi Anda yang baru mengenal angklung tentunya pasti akan sangat bingung, bagaimana bambu ini bisa mengeluarkan alunan musik yang begitu sangat merdu dan syahdu (kata bang haji..). Angklung dapat di kolaborasikan dengan semua alat musik. Tidak sedikit yang mengkolaborasikan angklung dengan alat musik yang lain.

Tahapan belajar bermain alat musik angklung yang pasti Anda harus sudah mengenal dan bersahabat dengan apa yang disebut dengan 'nada' atau bisa juga dikatakan 'kunci nada' awass... kunci nada tidak sama dengan kunci rumah yang bisa kalian gantung di depan pintu, walaupun angklung juga sebetulnya bisa di jadikan gantugan kunci bahkan bros sebagai souvenir unik yang menari dari Indonesia.

Belajar mengenal kunci notasi nada sebetulnya lebih mudah dengan menggunakan alat musik angklung? Yakin... Angklung Lebih Mudah untuk mengenal Kunci Nada Dasar pada alat musik? Saya pastikan Angklung akan jauh lebih mudah anak didik PAUD, Taman Kanak-kanak SD, SMP, SMA bahakan Mahasiswa untuk mengetahui kunci nada dasar pada alat musik angklung.

Kenapa bisa lebih mudah belajar kunci notasi nada dengan angklung?
Sudah pasti lebih gampang dan sangat mudah, karena angklung untuk satu kunci nada dasar notasinya dibuat 1 buah angklung 1 buah nada dasar. Jadi kunci notasi nada "do" atau "C" dibuat dari satu bilah nada angklung dan pada setiap bilah nada angklung tersebut sudah ditulisi dengan kunci notasi nadanya.

Angklung dengan ukuran paling kecil itu sebenarnya merupakan notasi nada dengan nada paling tinggi. Kenapa harus semakin kecil untuk menghasilkan kunci nada angklung dengan nada tinggi? Karena jika angklung dibuat besar atau cukup besar, sudah pasti notasi nada yang akan dihasilkan akan menjadi semakin rendah.

Apa perbedaan angklung 2 Tabung dengan 3 Tabung?

Sekarang kita kupas tuntas tapi kalo gak tuntas jangan marah ya.. nanti bisa di kupas lagi, tentang perbedaan angklung 2 tabung dengan 3 tabung. Pada angklung 2 tabung disamping rumah angklung terdapat dua bilah bambu dengan ukuran yang berbeda. Coba Anda perhatikan, pada angklung sudah bisa dipastikan bahwa 2 bilah bambu tersebut yang depan besar dan yang belakangnya berukuran lebih kecil.

Terus.. Apakah kunci nadanya sama? yang pasti sama donk... kalo gk sama maka suara notasi nada yang dihasilkan tidak akan sinergi. Bilah angklung yang besar mengeluarkan nada DO atau C maka angklung yang kecil dibelakangnya pun mengeluarkan bunyi notasi nada yang sama. Bilah bambu angklung yang berukuran besar didepan bisa kita menyebutnya "indung" dan yang di belakangnya kita sebut "anak".

Laaahh... terus gimana kalo angklung yang 3 Tabung???
Untuk angklung 3 tabung ini, bedanya "indung" atau Ibunya atau juga Induknya itu ada 2 dan "anaknya" ada satu di belakang. Jadi jumlahnya angklungnya menjadi 3 tabung.

Pertanyaannya, terus lebih bagus yang mana??.. pada angklung 3 tabung, gema suara nada yang akan dihasilkan akan jauh lebih baik dan lebih sempurna. Apakah anda pernah melihat pemain angklung yang berkelompok? Lihat.. pada pemain angklung yang berkelompok, karena ada beberapa orang yang memegang kunci notasi nada yang sama maka suara angklung yang di hasilkan akan semakin baik dan sempurna..

Pada angklung 3 tabung, jika dimainkan akan terdengar seperti kelompok okestra para pemain angklung, padahal sebetulnya pemainnya hanya satu orang tapi jumlah tambung akan begitu sangat mempengaruhi suara nada yang dihasilkan dari alat musik angklung.

Sebetulnya mau pilih 2 atau 3 tabung itu tergantung selera anda, ada yang memang sudah terbiasa dengan angklung 2 tabung karena lebih mudah dalam memainkannya. atau justru ada yang lebih suka dengan yang 3 tabung karena suara yang dihasilkan lebih mantabe..

Mungkin hanya demikian info tentang perbedaan tentang angklung 2 atau 3 tabung. Untuk lebih yakin anda bisa mencoba dan membuktikannya sendiri. 

No comments:

Post a Comment